Breaking News

Belajar dari Kakek Ini, Sukses itu Ternyata Sangat Mudah

CERITA MOTIVASI
KAKEK INI SUKSES KARNA LEBIH AWAL MEMULAI

Orang sudah mulai menghasilkan kita masih banyak bertanya, inilah budaya yang sulit kita lepaskan dari Indonesia. Pengalaman saya di Aceh dulu tahun 2005 banyak orang tidak percaya bahwa suatu saat kakao akan menjadi barang tani dengan harga yang pantastis, kakek tua ini mengajak teman-teman untuk mau menanam kakao, tapi apa jawaban dari rekan-rekannya, kamu tanam duluan nanti setelah kamu berhasil saya juga akan menanam kakao, kakek ini hanya tersenyum mendengar jawaban dari rekan-rekannya.



DUA TAHUN KEMUDIAN

Kakek yang telah menanam Kakao dua tahun yang lalu, mulai memanen hasil kakaonya meski belum menghasilkan kakao yang maksimal dan harga masih rendah. tapi di bandingkan dengan produk lainnya hasil kakao tak jauh beda dengan hasil tani lainnya.

Satu tahun berlalu semua batang kakao kakek inipun mulai mengasilkan 15-30 buah matang perbulan dan harga kakaopun mulai meningkat, kakek yang merasa tidak mungkin memetik dan buah Kakao sendirian mulai memperkerjakan orang lain untuk memanen kakao tersebut, termasuk yang dulu pernah mengejek dan berpikiran pesimis terhadap apa yang di lakukan kakek tersebut.

Setelah menjual hasil panen minggu itu kakekpun pergi ke sebuah warung kopi yang paling banyak orang duduk di warung tersebu dan memesang segelas kopi, diapun menghabiskan dengan cepat kopi yang dia pesan lalu mengeluarkan hasil panen coklatnya dan memanggilkan penjaga warung. tak lama kemudia penjaga warungpun datang menghapiri kakek yang sudah berdiri di samping kursi yang ia duduki sebelumnya. kakek ini berkata berapa semua kopi, rokok dan Snack yang di makan oleh saudaraku ini, pemilik warung ini tersentak kaget apa mungkin kakek tua ini membayar semua-nya, tapi akhirnya dia mengatakan jumlah semuanya, iya terkejut ternyata kakek ini membayar sesuai dengan yang penjaga warung sebutkan. lalu kakek tua ini berangkat ke kebun, membersihkan kebun dan membawa pulang hasilnya, inilah rutinitasnya setiap hari.

Suatu hari masyarakat terkejut dengan Mobil mewah yang di Antar seorang sales ke Rumah kakek pemilik kebun kakao tersebut, tentu kakek ini sontak akan menjadi bahan pembicaraan warga desa dimana kakek ini bermukim, dan mulai belajar bagaimana caranya berkebung kakao, kakek yang sudah sukses tersebut tak pelit terhadap ilmu yang telah ia pelajari selama ini, ia pun mengajari warga yang ingin berkebun kakao.

Saat semua nya berkebun kakao harga kakaopun lama-lama menurun hingga harga jual dengan biaya penglolaan kebun kakao tidak lagi seimbang, dan akhirnya mereka yang telat mengikuti jejak kakek ini merugi dan kebun tersebut tidak ada hasilnya lagi selain jadi makan tupai sehari-hari.

Apa yang bisa kita simpulkan dari cerita diatas
1. Segeralah mulai meskipun kamu masih belum memiliki pengetahuan yang cukup terhadap suatu aktivitas.
2. Tetap Positif terhadap hal baru yang kita belum memiliki pengetahuan untuk mengatakan itu salah.
3. Usia tidak menentukan tidak sama dengan jumlah Ilmunya.
4. Kita semua punya kekuatan untuk menjadi sukses.

Kandi irawan

No comments